header_cerita

[HASIL] Infografis Cerita Bualan Masa Kecil yang Susah Dilupakan

Baru-baru ini Tim JakPat bertanya kepada pengguna aplikasi mobile JakPat untuk berbagi cerita dengan kami mengenai cerita bualan masa kecil yang masih dipercayai hingga sekarang karena susah dilupakan. Berikut beberapa cerita unik yang Tim JakPat dapatkan. Checkidot! :D

User no 15059, Surabaya: Kata nenek, anak perempuan ga boleh makan jeroan, nanti badannya jadi biru. Dan ketika dewasa, hal itu terdengar sangat tidak masuk akal bagi saya. Hahaha, apakah sebenarnya avatar adalah penjelmaan dari perempuan-perempuan yang suka makan jeroan ya? :p

149eda3d94aa22c80f9143d4b8e29375

User no 16500, Bandung: Dulu ayahku pernah bercerita kalau kakekku punya gunung. Aku sangat bangga kepada kakekku karena menurutku keren sekali dia bisa punya gunung! Nama gunungnya adalah gunung bohong. Kukira itu nyata tetapi ternyata itu benar-benar bohong. Wow kreatif sekali sang ayah~

User no 15266, Jakarta Barat: Kalau tidur telungkup di sampingnya pasti ada yg nemenin. Untuk jomblo, mitos ini akan menjadi kabar bahagia :’)

f45d0833cc6aeb4076d0b8330d8718ed

User no 16967, Surabaya: Dulu kakakku pernah bilang jika dia punya air dari surga. Cara ya adalah dia membengkokkan lidahnya dan menekannya dengan rahang atasnya. Dengan cara itu, akan ada cipratan air yg keluar dari mulutnya. Air itu yg kakakku bilang sebagau air dari surga, dan waktu itu aku sangat mempercayainya. Dan setiap kakakku bilang: “ayo dek, cuci muka dengan air surga”. Dan aku sangat senang menerima “air surga” dari kakakku ituu.. -.- HAHAHA. Menjijikkan sekaligus lucu. Kasian sekali user satu ini…

502cdbd6ad64e06105d0af81dc0cdfc5

User no 18433, Jakarta Pusat: Kata ibuku jika kita menyapu lantai dan hasilnya tidak bersih, maka nantinya kita akan mendapat pasangan yang berjenggot dan berkumis. Tetapi nyatanya istri saya tidak seperti itu. Seperti perempuan di bawah? Hehe.

13ea03508c3811b6dd6f0fb48969acfa

User no 16020, Jakarta Timur: Dulu waktu kecil ga dibolehin makan permen karet. Trus abang makan hexos aku minta, eh ga dikasi katanya hexos lama2 kalo dimakan jadi permen karet, pas abang buka mulut beneran jadi permen karet. Aku percaya sampe SMA kalo hexos bisa jadi permen karet, tapi semua teman ngetawain aku. Setiap aku beli dan ga jd permen karet, aku selalu mikir pasti belum beruntung hahaha. Anyway, dulu beli permen karet bisa 1x berapa tahun ga tiap hari :D kenapa akhirnya aku lepas dr mitos itu? Yes, aku beli satu lusin dan aku makan tiap hari. Ternyata hexos memang hanya permen hexos :D

User no 18301, Bandung: Orang tua saya menceritakan bahwa jika saya bermain payung, maka dengan otomatis orang gila akan datang.. Tapi setelah saya besar saya baru sadar ternyata yg dimaksud org gila adalah saya sendiri.. Karena saat itu saya bermain payung dalam ruangan .___. Huhu :( Tim JakPat juga baru sadar orang gila yang dimaksud adalah anda….

User no 18335, Jakarta Barat: Dulu pernah diceritain kalau ga siram toilet habis pipis nanti bakal ada hantu yang siramin. Aduh enak sekali tidak perlu alat flush toilet atau gayung. Hantu yang baik, ya?

User no 13852, Blora: Pernah diceritain bibi yg bantu di rumah, kalo makan nggak diabisin ntar ayam kita mati. Sedikit aneh, gimana bisa coba? Apa hubungannya? Terlebih kalau kita nggak pelihara ayam. Cerita ini memang sering kita dengar. Untung saja user satu ini sudah sadar.

3c3f7b849995bda585aecd946722de74 (1)

User no 15805, Jakarta Barat: Menanam pohon anggur di depan rumah, konon katanya jika ada orang yg menanam anggur di depan rumah, bisa meyebabkan orang tersebut menjadi pengangguran. Tp sudah saya buktikan sendiri, saya tanam anggur di depan rumah dan terbukti saya tidak menganggur. Gara-gara menganggur mengandung kata anggur kah?

User no 2839, Surabaya: Waktu kecil, mamaku selalu bilang kalau kita memberikan sesuatu barang  ke orang, lalu pada suatu saat kita meminta itu kembali, sikut kita akan membusuk. Aku mempercayai itu sejak kecil, dan bahkan kadang-kadang sampai sekarang. Yaampun :(

User no 11844, Badung: Buku chiken soup kakak saya bilang itu buku tentang cara membuat sup ayam… setelah itu saya baca ternyata bukan….

PicMonkey Collage

User no 13022, Surakarta: Adek lahir dari pusar ibu, ini cerita yang saya percayai dari kecil sampai SMP kelas 3. Sewaktu saya pertama kali bertanya kepada nenek saya bagaimana adek lahir, nenek bercerita kalau adek lahir dan keluar dari perut ibu melalui pusar dan nenek berkata pusar ibu bisa membesar sehingga adek bisa keluar. Banyak user yang bercerita soal kelahiran dari pusar Ibu. Apakah rata-rata orang dewasa memang menjelaskan kepada anaknya yang masih kecil demikian ya?

User no 14267, Riau: Mama pernah bilang kalo habis potong rambut, biar rambutnya cepat panjang, potongan rambutnya ditanam di bawah pohon pisang. Tim JakPat belum menemukan hubungan cerita ini dengan pohon pisang…

User no 15099, Bandung: Kalau di kuku ada putih putih, itu tandanya ada yang suka sama kita. Kalo putih-putihnya di kelingking, orang yang suka sama kita itu pendek kalau putih-putihnya di jempol, orang yang suka sama kita itu gendut :D

User no 16007, Surabaya: Kalau buka botol susah, ketuk tengah tutupnya 3 kali, minta ijin buat buka botol, aneh nya tiap kali pasti gampeng dibuka habis itu. Coba ya nanti Tim JakPat praktekkan :p

b04f21fd45e1263b4d346e7137c52947

User no 16488, Tangerang: Kakak saya pernah bercerita tentang salah satu mainan robot saya bisa bergerak sendiri ketika kita tidur, dan untuk membuat saya percaya dengan cerita itu dia selalu memindahkan mainan robot itu di tengah malam ketika dia pergi ke kamar mandi. Dia pun melakukan hal itu selama bertahun-tahun dari saya TK hingga saya masuk kelas 2 SMP. Dia mulai berhenti melakukan itu ketika saya memergoki apa yang dia lakukan pada suatu malam ketika saya duduk di kelas 2 SMP.

User no 16669, Kerawang: Kulit yang terkelupas bisa menjadi uang. Cerita itu diceritakan ketika saya masih kecil mungkin karena masih terlihat polos hehe. Jika ada kulit tubuh yang terkelupas dan kulit yang terkelupas tersebut tidak ditutup kembali ke posisi semula maka kita akan mendapat uang sebagai penggantinya. Agak sedikit aneh, tapi itu jadi pengalaman saya waktu masih kecil. Mengajarkan anak kecil untuk berani mencabut kulit matinya kali ya?

User no 18461, Bogor: Mama saya berkata “kalau kamu menelan biji tomat, semangka, melon, buah yang berbiji kecil, nanti akan tumbuh buahnya di kepala”. Sampai sekarang saya jadi tidak suka buah berbiji kecil, walaupun cerita mama tidak terbukti hasilnya.

User no 18403, Gianyar: Saya masih ingat dan percaya sampai saat ini cerita dari ibu saya, dulu ada yg aneh pada saya waktu kecil, dan sampai sekarang pun masih. Mau tau? Yaitu “saya ganteng” User ini mempunya percaya diri yang sangat tinggi.

b560427bc3129c9b9a0f353950323bff

User no 1723, Kebumen: Katanya kalau potong kuku malem-malem nanti jadi kunang-kunang. Katanya sih kunang-kunang juga bisa dari kuku orang yang sudah meninggal.

User no 13735, Jakarta Utara: Kalau makan nggak habis katanya nanti mukanya jerawatan. Gitu ya…

User no 15379, Bandung: Cerita tentang nasi yang bisa menangis jika tidak dihabiskan. Dari kecil hingga SMP saya masih percaya jika nasi yang tidak dihabiskan saat makan, maka nantinya akan menangis. Tapi saat SMP baru sadar bahwa nasi tidak akan pernah menangis, tetapi mengajarkan kita bahwa harus menghargai jerih payah para petani yang telah menanam padi menjadi beras dalam waktu yang cukup lama. Anak baik Papah Mamah ni.

User no 15864, Banjar Baru: Saat saya masih kecil saya pernah diceritakan keluarga saya kalau patung yg ada di dekat bandara di kota saya akan bergerak kalau mendengar suara adzan. Saking percayanya saya akan hal itu, saya punya niatan untuk bikin tenda dan berkemah di dekat patung itu untuk mengamati dari dekat dan membuktikan kebenarannya. Sayangnya saya tidak diizinkan oleh orang tua saya saat itu. Saya masih meyakini akan hal itu sampai usia menjelang dewasa, namun setelah saya dewasa baru saya sadar kalau selama ini saya cuma dibohongin oleh keluarga saya.

User no 15870, Sumatera Selatan: Katanya sih aku sering dibilang dipungut dr bawah jembatan. Tapi kenyataannya aku punya akte kelahiran..

User no 16064, Bogor: Dulu katanya setiap pesawat lewat akan dikasih uang, sampai aku teriak “pesawaaat minta uaang.” Eh taunya nggak pernah ngasih uang tuh pesawat. Kalau beneran kasih uang, mungkin Tim JakPat akan segera pindah kantor ke sebelah bandara.

User no 16411, Palangkaraya: Kalau kita menyimpan duit didompet dgn rapi, duit bakalan nambah 2x lipat. Wow! Mari segera menyimpan uang di dompet dengan rapi!

User no 16604, Tangerang: Kalau dipangku sama laki-laki bisa hamil katanya.

User no 17241, Depok: Mereka pernah bercerita tentang adanya kembaran kita di dunia ini yg berjumlah 7 orang, apabila kita dapat berkumpul dengan mereka dalam 1 waktu maka kita akan panjang umur dan memiliki 1 buah permintaan yang dapat di kabulkan. Namun setelah dewasa saya berfikir secara logika bahwa hal itu sebenernya merupakan hal yg konyol dan lucu, namun entah seberapa bnyak orang yg masih percaya akan hal itu.

User no 17976, Lampung: Waktu kecil diceritain kalau nggak tidur nanti kena gigit nenek ompong. Udah gede sadar kalau ompong nggak mungkin dong gigit. Ngemut aja bisanya..

User no 18284, Denpasar: Semenjak saya kecil, ayah saya selalu bercerita bahwa binatang kecoa selalu akan datang dan mengejar, bahkan menempel ditubuh saya kalau saya tidak rajin atau tidak melakukan sesuatu yg disuruh ayah saya (seperti: mandi, menggosok gigi, atau bangun pagi). Efeknya, sampai saya dewasa seperti sekarang, saya memiliki ketakutan atau trauma dengan binatang kecoa. Kasian sekali :(

Seluruh survey JAKPAT ini dilakukan di Open Survey Platform JAKPAT http://jajakpendapat.net/ . JAKPAT saat ini memiliki lebih dari 17,000 mobile panel dari Indonesia baik di Android maupun IOS. Download appnya disini ( AndroidIOS)untuk menjadi panel kami.

Bagi anda yang ingin melakukan survey via JAKPAT silahkan signup di http://jajakpendapat.net/ ada Free Survey untuk survey pertama anda. Khusus untuk mahasiswa/pelajar ada harga khusus yang jauh lebih murah untuk survey penelitian, skripsi, dan lain sebagainya.

4 thoughts on “[HASIL] Infografis Cerita Bualan Masa Kecil yang Susah Dilupakan

  1. Novita

    Waktu masih kecil saya sering dapat cerita klo mau nunjuk kuburan ga boleh pake jari telunjuk klo sampe nunjuk pake jari telunjuk bisa2 jari telunjuknya jadi bengkak.. Jadinya sampe sekarang saya ga pernah berani nunjuk kuburan pake jari telunjuk.. :D

    Reply
  2. intan purnama

    Dulu aku katanya beda ibu sama ayah oleh kakak kakakku karena katanya aku itu ditemukan dikeranjang yang mengapung disungai, anehnya kakaku itu tau nama ibuk yang buang, pas udah gede ternyata nmaa ibuk itu nama ibuk kami

    Reply
  3. Yudha InyanDhieBhe

    ni aq pnya cerita masa kecil q yg tnpa d kira2 dpt mnguntungkn q n brguna bgi seumur hidup q ,,
    swktu aq kcil skitr umuran 7 tahunan , aq it sering d bawa ayah q k kbun ny stiap sore hri.
    bgitu aq tiba n bru prtma x aq k kbun ayah q , d situ aq mlht , WAAAH N WAOOW bgtu sbur tnaman2 ayah q n aq pun sangat trtarik utk ikut mna2m brsama ayh wlwpun wktu it aq msh asal2an utk mna2m ?!? .. :)
    aq pun sllu d ajari ktika slh mna2m n d ajari cara mmberi pu2k yg sesuai dgn tnaman n tanah ny ayh q ,,
    singkat cerita , stlah aq dewasa trnyata ilmu yg aq dpt dr ayah wktu kecil dlm mna2m it sngat brguna krn ssuai dgn pkrjaan q saat ini n aq pun sukses dgn hsil panen yg brlimah ,, :)

    terimasih tuhan ats kecerdasan yg d berikan n ayah yg tlah mmberi q ilmu yg brguna utk q saat ini ,,, :D

    Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>