header

Kebiasaan Sahur di Bulan Ramadan

2 1

 

Dalam menjalani bulan Ramadan salah satu kegiatan rutin adalah melakukan sahur. Setiap orang mungkin melakukan sahur dengan cara mereka sendiri. Melalui survei ini kami ingin melihat apakah ada kebiasaan-kebiasaan tertentu yang banyak umat muslim lakukan selama waktu sahur. Dengan begitu kami melibatkan sebanyak 823 responden beragama Islam yang tersebar di sebagian wilayah Indonesia dan yang mengaku berpuasa di bulan Ramadan ini.

3

Dengan asumsi setiap responden yang terlibat dalam survei ini memiliki jam bangun tidur yang berbeda-beda, kami menanyakan berapa lama sebelum imsak biasanya mereka bangun untuk keperluan sahur. Hasil yang diperoleh, sebanyak 46.66% responden mengaku bangun tidur satu jam sebelum waktu imsak. Lalu sebanyak 23.21% bangun tidur dua jam sebelum imsak. 13.24% bangun 45 menit sebelumnya. 8.51%, setengah jam sebelumnya. Lalu hanya 2.19% dan 1.46% yang mengaku bangun tidur 15 menit dan empat jam sebelum waktu imsak.

4

Pertanyaan selanjutnya adalah apa yang membangunkan para responden untuk sahur. Temuan kami adalah bahwa sebanyak 47.51% responden dibangunkan tidur untuk sahur oleh alarm. Lalu sebanyak 35.97% mengaku dibangunkan oleh orang lain. Terakhir, 16.52% responden mengaku bahwa mereka bangun tidur dengan sendirinya tanpa bantuan alarm atau orang lain.

5

Kemudian kami melanjutkan pertanyaan ke masalah hidangan makan sahur. Kami menanyakan bagaimana biasanya para responden yang terlibat dalam survei ini mendapatkan makanannya. Sebanyak 47.87% mengaku mereka dimasakkan oleh orang lain seperti anggota keluarga atau orang terdekat. Sebanyak 36.57% mengaku masak sendiri. Lalu ada hanya 8.38% dan 6.08% yang mengaku jalan keluar untuk membeli makanan dan beli makanan dari malam sebelumnya.

6

Kami pun bertanya apa yang para responden lakukan selama waktu sahur selain menyiapkan makanan atau hidangan sahur. 59.17% responden mengaku menonton acara TV yang berhubungan dengan Ramadan.23.09% mengaku bahwa mereka tidak banyak melakukan apa-apa selain mengumpulkan ‘nyawa’. 20.05% mengaku melaksanakan solat malam. 13.37% mengaku membaca Al Quran. 11.42% mengaku menonton acara TV tapi tidak berhubungan dengan Ramadan.

7

Kami kemudian lanjut ke pertanyaan mengenai hidangan sahur, terutama minuman. Kami bertanya jenis minuman apa yang biasa dikonsumsi para responden kami yang terlibat di dalam survei ini. Jenis minuman yang paling dipilih para responden adalah air mineral atau air putih (dijawab oleh 76.54% responden). 34.51% mengaku mengkonsumsi minuman manis pada saat waktu sahur. Lalu sebanyak 17.74% responden mengaku mengkonsumi produk minuman yang berbahan dasar susu (oat meal, oat instan, susu siap minum, dll).

8

Kami kemudian bertanya apakah para responden dalam survei ini mengkonsumsi multivitamin pada saat sahur. Kami berasumsi mengkonsumsi multivitamin dapat memberikan pengaruh positif pada kebugaraan tubuh pada saat berpuasa. Akan tetapi, sebanyak 75.94% responden mengaku tidak mengkonsumsi multivitamin. Hanya 24.06% mengkonsumsi multivitamin

9

Selain multivitamin, kami juga menanyakan apakah para responden mengkonsumsi buah pada saat sahur. 53.1% menjawab bahwa mereka tidak mengkonsumsi buah pada saat sahur. Sebanyak 46.9% responden menjawab bahwa mereka mengkonsumi buah pada saat sahur.

10

Pertanyaan kami lanjutkan ke topik makan atau minum ketika imsak. Kami ingin tahu apakah para responden kami yang terlibat di dalam survey ini masih mengkonsumsi makanan atau minuman ketika waktu imsak sudah tiba. Sebanyak 69.74% responden mengaku berhenti mengkonsumsi makanan atau minuman ketika waktu imsak tiba. Dan, 30,26% mengaku sebaliknya.

11

Kemudian pertanyaan dilanjutkan ke topik solat Subuh. Kami ingin melihat apakah ada kecenderungan tertentu dari pelaksanaan solat Subuh di bulan Ramadan. Sebanyak 79.95% mengaku melaksanakan solat Subuh setelah adzan Subuh dikumandangkan. 16.87% mengaku melaksanakan solat Subuh tepat ketika adzan Subuh berkumandang. Dan, 3.16% mengaku tidak melaksanakan solat Subuh.

12

Kemudian kami ingin tahu kebiasaan menonton TV setelah sahur atau setelah solat Subuh. Sebanyak 75.58% responden mengaku tidak melanjutkan menonton TV setelah sahur atau Subuh. Sebanyak 24.42% mengaku sebaliknya.

13Pertanyaan terakhir berkisar kebiasaan tidur setelah sahur atau setelah solat Subuh. Sebanyak 72.54% responden mengaku mereka kembali tidur setelah sahur atau solat Subuh. Lalu, 27.46% mengaku sebaliknya.

Untuk hasil survey yang lebih rinci, anda bisa mengunduh hasil survey kami dalam 2 format xls dan pdf di button bawah ini. Laporan hasil survey JAKPAT terdiri dari 3 bagian yaitu 1) Profil responden 2) Tabulasi silang (Crosstabulation) untuk masing-masing pertanyaan 3) data mentah. Profil responden menunjukkan profil demografis (jenis kelamin, usia, lokasi/domisili, pengeluaran per bulan). Dengan tabulasi silang (Cross tabulation) anda dapat menjelaskan perbedaan preferensi segmen demografis dalam terhadap masing-masing pertanyaan.

 Unduh PDF disini:

pdf-icon

Anda siap untuk survey?BUTTON CREATE

atau hubungi kami untuk mendapatkan Sales Quote atau informasi lebih lanjut +622742923340

GET A SALES

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>