header

Ramadhan Road to Purchase: Belanja Fashion dan Aksesoris untuk Lebaran – Survey Report

Setelah berpuasa Ramadhan selama satu bulan, umat Muslim di seluruh dunia akan bersuka cita merayakan Idul Fitri (Lebaran). Di Indonesia, Idul Fitri umumnya menjadi momen berkumpulnya keluarga, orang-orang terkasih, serta kerabat di sekitar tempat tinggal untuk saling bermaaf-maafan dan berbagi keceriaan. Khusus untuk merayakan Lebaran ini banyak masyarakat yang sengaja membeli pakaian atau aksesoris baru agar tampil menarik saat berkumpul dengan keluarga. Secara simbolik, beberapa orang menganggap mengenakan pakaian atau aksesoris baru saat hari Lebaran menandakan lahirnya jiwa baru yang suci dan pribadi yang lebih baik setelah bermaafan.

Kami mengirimkan survei kepada 1.210 responden dalam skala nasional untuk mengetahui rencana mereka berbelanja produk fashion dan aksesoris untuk merayakan Lebaran. Mengacu pada data dari BPS tahun 2010, total populasi umat Muslim di Indonesia sebanyak 238 juta penduduk. Dengan menggunakan formula penghitungan sampel Slovin (1960) jumlah sampel responden yang kami ajukan dalam survei ini dianggap valid dan representatif untuk merepresentasikan populasi tersebut. Adapun detail komposisi demografis dan geografis responden ditampilkan dalam gambar berikut.

1

Catatan menarik tentang insight responden dalam survei ini berpusat pada perbedaan pola kebiasaan berbelanja antara responden perempuan dan laki-laki untuk membeli produk fashion dan aksesoris. Dilihat dari jenis produk fashion yang akan dibeli, responden perempuan cenderung membeli lebih banyak fashion item serta berbelanja lebih awal dibanding responden laki-laki. Meskipun demikian, ketika kami mengajukan pertanyaan tentang peran pengambil keputusan (decision maker) dalam proses berbelanja, sebagian responden laki-laki dalam survei ini menyebutkan bahwa pasangan merekalah yang akhirnya memutuskan produk fashion mana yang akan dibeli.

2

Sebelumnya kami melakukan screening pada responden yang berpartisipasi dalam survei ini tentang rencana mereka berbelanja produk fashion dan aksesoris untuk merayakan Lebaran. Dari seluruh responden yang berpartisipasi dalam survei ini 83% menyebutkan bahwa mereka berencana membeli produk fashion dan aksesoris baru. Sementara itu, 17% tidak berencana membeli dikarenakan sejumlah alasan.

3

Fokus pertanyaan kami kemudian dipusatkan hanya pada responden yang berencana membeli produk fashion dan aksesoris untuk Lebaran. Dari 1.005 responden yang berencana berbelanja fashion&aksesoris, pilihan jenis produk (fashion item) yang akan dibeli oleh responden laki-laki dan perempuan sangat berbeda. Mengingat pilihan jenis produk fashion perempuan cenderung lebih banyak dibandingkan laki-laki maka temuan dalam survei ini sangat wajar untuk dirasionalisasikan.

4

Berkaitan dengan waktu berbelanja produk fashion&aksesoris untuk merayakan Lebaran, mayoritas responden dalam survei ini cenderung berbelanja mulai dua minggu hingga kurang dari tujuh hari sebelum hari Lebaran. Membandingkan jawaban dari respoden perempuan dan laki-laki dalam survei ini, mayoritas responden perempuan cenderung berbelanja jauh lebih awal.

5

Tren meningginya tingkat konsumsi dan daya beli masyarakat menjelang hari raya Lebaran mendorong sejumlah vendor dan department store mengadakan program promo besar-besaran. Di antara berbagai program promosi yang ada, sebagian besar responden dalam survei ini cenderung lebih menyukai program promo diskon untuk produk fashion dan aksesoris yang akan mereka beli.

6

Pilihan lokasi berbelanja produk fashion dan aksesoris menjadi fokus pertanyaan kami selanjutnya. Di antara seluruh lokasi berbelanja yang  ada, sejumlah pusat perbelanjaan seperti mall, online marketplace, butik/distro, online shop di social media menjadi pilihan responden yang berencana berbelanja.

7

Mengingat online marketplace menjadi salah satu lokasi pilihan responden dalam survei ini untuk berbelanja produk fashion&aksesoris Lebaran, kami secara khusus bertanya pada mereka tentang pilihan online marketplace yang dituju. Menariknya, responden laki-laki dan perempuan yang menjawab pertanyaan ini memiliki preferensi berbeda.

8

Pertanyaan dalam survei kami selanjutnya berpusat pada anggaran belanja fashion dan aksesoris responden. Dari 1.005 responden dalam survei ini yang berencana berbelanja mayoritas menganggarkan anggaran belanja khusus untuk produk fashion dan aksesoris sebesar Rp 200.000 – 600.000,00. Lebih lanjut, berkaitan dengan adanya teman (companionship) saat berbelanja, 90% responden pergi berbelanja dengan orang lain dan hanya 10% dari mereka yang pergi berbelanja sendirian.

9

Kami memfokuskan pertanyaan survei kami hanya kepada 905 orang responden yang berencana pergi membeli produk fashion&aksesoris Lebaran dengan orang lain. Dari 905 responden tersebut, 95% menyebutkan bahwa mereka akan mempertimbangkan saran dari orang yang menemani mereka berbelanja. Menariknya, pihak penentu keputusan akhir (decision maker) atas produk yang akan dibeli cenderung didominasi oleh mereka sendiri.

10

Pada akhirnya, kami kembali mengajukan pertanyaan kepada seluruh responden tentang apakah mereka akan menerima tunjangan hari raya (THR) dalam Idul Fitri kali ini. Dari seluruh responden yang berpartisipasi, 1.077 orang mengatakan akan menerima THR. Selanjutnya, kami bertanya tentang alokasi THR yang mereka terima guna mengetahui besar presentase anggaran yang mereka alokasikan dari THR tersebut. Adapun alokasi THR responden dalam survei ini digunakan untuk bersedekah dan membayar zakat, belanja fashion dan aksesoris untuk Lebaran, ditabung, memberi uang saku kepada kerabat, serta belanja makanan dan kue Lebaran.

11

 

Untuk hasil survey yang lebih rinci, anda bisa mengunduh hasil survey kami dalam 2 format xls dan pdf di button bawah ini. Laporan hasil survey JAKPAT terdiri dari 3 bagian yaitu 1) Profil responden 2) Tabulasi silang (Crosstabulation) untuk masing-masing pertanyaan 3) data mentah. Profil responden menunjukkan profil demografis (jenis kelamin, usia, lokasi/domisili, pengeluaran per bulan). Dengan tabulasi silang (Cross tabulation) anda dapat menjelaskan perbedaan preferensi segmen demografis dalam terhadap masing-masing pertanyaan.

 Unduh PDF disini:

pdf-icon

Anda siap untuk survey?BUTTON CREATE

atau hubungi kami untuk mendapatkan Sales Quote atau informasi lebih lanjut +622745015293

GET A SALES

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>