Memanfaatkan Jasa Survei hingga Invoice Online untuk Pengembangan Bisnis

Memanfaatkan Jasa Survei hingga Invoice Online untuk Pengembangan Bisnis

Perkembangan teknologi digital telah membuat akses informasi didapat dengan mudah dan cepat. Hal ini membentuk interaksi secara online dalam berbagai aspek, mulai dari aktivitas hiburan, berbelanja, berjualan, hingga pembayaran digital.

Memanfaatkan kemajuan teknologi hingga mengikuti tren pasar menjadi hal yang tidak terpisahkan saat ini. Pelaku bisnis perlu memiliki strategi bagaimana usaha dapat berjalan dengan memanfaatkan berbagai teknologi digital agar dapat menjangkau lebih banyak konsumen dan dapat bersaing dengan kompetitor.

Berbagai usaha yang dilakukan untuk membuat bisnis bertahan bisa dengan berbagai cara, mulai dari branding, kegiatan promosi yang konsisten, mengikuti perkembangan tren, hingga kolaborasi antara brand.

Kali ini pembahasan mengenai pengembangan bisnis akan berfokus pada penggunaan dari jasa survei, email marketing, dan invoice online.

Riset Pasar Menggunakan Jasa Survei

Memanfaatkan Jasa Survei hingga Invoice Online untuk Pengembangan Bisnis

freepik.com/rawpixel.com

Kamu dapat memanfaatkan jasa survei untuk berbagai kebutuhan, seperti mengidentifikasi target konsumen, kebutuhan pasar, atau riset produk. Hal ini membantu untuk memutuskan langkah strategi apa saja yang akan dilakukan berdasarkan laporan survei yang didapat.
Proses jasa survei melibatkan beberapa langkah, seperti perencanaan kuesioner, pengumpulan data dari responden yang relevan, analisis data, hingga penyajian hasil dalam bentuk laporan.

Kamu dapat menentukan apa saja indikator yang ingin dicari dan diketahui melalui jasa survei ini. Hasil yang didapat bisa menjadi rujukan dan referensi kamu dalam mengambil keputusan untuk mengembangkan produk, marketing, hingga menganalisis persaingan.

Email Marketing untuk Kegiatan Promosi 

Selain menggunakan media sosial dalam kegiatan pemasaran, kamu juga dapat memanfaatkan email marketing untuk menjangkau konsumen atau calon konsumen yang potensial. Penggunaan email marketing memiliki kelebihan seperti jangkauan yang luas, melacak metrik untuk mengukur keberhasilan kampanye atau promosi, hingga membangun brand awareness.

Contohnya, kamu dapat menggunakan Mailchimp untuk kebutuhan email marketing dan kampanye promosi. Lalu, ada juga HubSpot untuk manajemen pemasaran, penjualan, dan layanan pelanggan, atau kamu juga bisa menggunakan Buffer untuk mengelola sosial media dan jadwal posting.

Mudahkan Bisnis dengan Invoice Online 

Survei Jakpat pada laporan Indonesia Fintech Trends – 1st Semester of 2023 menunjukkan 8 dari 10 responden yang menggunakan platform digital payment untuk bertransaksi baik secara langsung maupun daring.  E-wallet atau digital wallet, lalu mobile dan internet banking termasuk di dalamnya debit virtual, hingga layanan untuk menunda pembayaran yaitu Buy Now Pay Later (BNPL) atau juga yang biasa disebut pay later adalah beberapa platform digital payment yang digunakan.

Melihat hal ini, digital payment menjadi pilihan yang dilakukan meskipun transaksi dilakukan secara langsung. Kebutuhan pembayaran yang cepat secara digital, telah membuka kemudahan juga dengan hadirnya pembayaran pajak secara online, aplikasi atau platform HR untuk management SDM hingga invoice online.

Kamu dapat memanfaatkan invoice online yang memudahkanmu dalam proses pembayaran atau transaksi dengan cepat. Manfaat dari penggunaan invoice online ini juga dapat memantau status pembayaran secara langsung, menyediakan keamanan yang lebih tinggi, hingga kemudahan pengarsipan.

Itulah beberapa cara yang dapat kamu manfaatkan untuk mendukung pengembangan bisnis mulai dari jasa survei, email marketing, manajemen proyek dan juga invoice online.