header

Rencana Ibadah Haji dan Umrah Para Millennials – Survey Report

Bagi umat Muslim, ibadah haji merupakan rukun Islam kelima yang wajib ditunaikan bagi umat yang dianggap mampu secara fisik, mental, dan finansial. Selain haji, terdapat pula ibadah umrah yang bersifat tidak wajib namun jika dijalankan akan membawa pahala. Haji dan umrah merupakan dua ibadah yang perlu dipersiapkan dan direncanakan secara matang mengingat biaya yang dikeluarkan cukup besar dan waktu yang dihabiskan cukup panjang. Kami mengadakan survei terhadap panel responden di rentang usia millennials tentang rencana berhaji dan umrah mereka.

Kaum millennials merupakan segmen masyarakat Indonesia dengan jumlah besar, memiliki daya beli tinggi, serta diprediksi akan memiliki kekuatan ekonomi yang besar di masa depan. Mengacu pada data dari Badan Pusat Statistik, jumlah kaum millennials di Indonesia diperkirakan akan mencapai 83 juta jiwa pada tahun 2020. Survei kami kirimkan kepada 817 responden kami dengan rentang usia 16-35 tahun. Secara metodologis, jumlah sampel yang digunakan dalam survei ini telah sesuai dengan perhitungan sampel Krejcie&Morgan (1970) untuk merepresentasikan populasi kaum Millennials Indonesia.

1

Catatan penting dari survei yang kami lakukan khususnya berkaitan dengan tingginya minat kaum Millennials dalam survei ini untuk menunaikan ibadah haji dan umrah. Meskipun demikian, rencana perjalanan ibadah mereka masih belum diikuti dengan perencanaan keuangan yang dialokasikan khusus untuk haji dan umrah.

2

Tingginya keinginan responden untuk melaksanakan ibadah umrah ditunjukkan oleh 96% responden survei ini. Keluarga terdekat menjadi pilihan mereka untuk pergi bersama menjalankan ibadah umrah meskipun sebagian besar dari responden survei menyebutkan bahwa mereka masih belum mengetahui secara pasti kapan mereka akan berangkat umrah.

3

Dari seluruh responden yang berencana menjalankan ibadah umrah, 155 responden telah memiliki tabungan khusus untuk membiayai perjalanan umrah. Adapun terkait hal-hal penting yang mempengaruhi keputusan responden dalam menentukan agen perjalanan umrah antara lain detail paket yang ditawarkan, harga paket, dan izin usaha agen perjalanan umrah.

4

Keinginan untuk berwisata ke jazirah Arab setelah melaksanakan ibadah umrah rupanya juga menjadi salah satu motivasi responden. Dari seluruh responden yang memiliki keinginan berumrah, 683 orang berencana memilih paket umrah yang diakhiri dengan perjalanan wisata. Adapun keinginan untuk menunaikan tuntunan agama menjadi alasan utama responden menjalankan umrah.

5

Serupa dengan umrah, tingginya keinginan responden untuk menjalankan ibadah haji ditunjukkan pula oleh 94% responden survei. Keluarga terdekat kembali menjadi pilihan utama mereka untuk berhaji bersama. Adapun berkaitan dengan rencana berhaji mereka, mayoritas responden berencana untuk berangkat haji dalam 5-15 tahun ke depan.

6

Perencanaan keuangan khusus untuk perjalanan haji baru dimiliki oleh 224 responden survei. Adapun bentuk perencanaan keuangan mereka berupa tabungan, usaha, serta investasi emas. Berkaitan dengan paket ONH yang rencananya akan digunakan, mayoritas responden berencana menggunakan ONH Plus.

7

Pertimbangan responden dalam menentukan agen perjalanan haji dipengaruhi oleh sejumlah faktor antara lain detail paket haji yang ditawarkan, izin usaha agen, dan fasilitas tambahan yang ditawarkan. Adapun alasan utama responden dalam menunaikan ibadah haji cenderung serupa dengan alasan responden menjalankan ibadah umrah.

8

 

Untuk hasil survey yang lebih rinci, anda bisa mengunduh hasil survey kami dalam 2 format xls dan pdf di button bawah ini. Laporan hasil survey JAKPAT terdiri dari 3 bagian yaitu 1) Profil responden 2) Tabulasi silang (Crosstabulation) untuk masing-masing pertanyaan 3) data mentah. Profil responden menunjukkan profil demografis (jenis kelamin, usia, lokasi/domisili, pengeluaran per bulan). Dengan tabulasi silang (Cross tabulation) anda dapat menjelaskan perbedaan preferensi segmen demografis dalam terhadap masing-masing pertanyaan.

 Unduh PDF disini:

pdf-icon

Anda siap untuk survey?BUTTON CREATE

atau hubungi kami untuk mendapatkan Sales Quote atau informasi lebih lanjut +622742923340

GET A SALES

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>