header

Selamat Hari Lebaran! – Laporan Survei tentang Bingkisan dan Ucapan Lebaran 2016

Menjelang hari raya Idul Fitri yang akan tiba di penghujung bulan Ramadhan, tentunya masyarakat muslim di Indonesia tidak bisa untuk tidak memikirkan dua hal ini, yaitu bingkisan dan ucapan Lebaran. Oleh karena itu, baru-baru ini Jakpat menggelar survei untuk melihat preferensi rencana masyarakat muslim Indonesia dalam memberikan bingkisan dan ucapan Lebaran tahun ini. Survei ini melibatkan 1231 responden yang merupakan penganut agama Islam dari seluruh Indonesia, dengan proporsi sebaran lokasi domisili adalah 20% untuk Jabodetabek, 45% untuk Pulau Jawa, dan 35% untuk kawasan yang berada di luar Pulau Jawa. Sebagai catatan lebih lanjut, seluruh responden Jakpat dalam survei ini adalah para pengguna smartphone, dengan rentang usia 16 hingga 50 tahun.

12

Pertama-tama, kami menemukan bahwa lebih dari separuh responden (58%) memiliki rencana untuk memberikan bingkisan Lebaran tahun ini. Sebagian besar dari mereka (86%) menyatakan akan memberikan bingkisan tersebut untuk keluarga. Selain itu, ditemukan juga beberapa responden yang berencana akan memberikan bingkisan Lebaran tahun ini untuk pasangan (30%), teman (29%), dan rekan kerja (15%).

34

Mengenai barang-barang apa saja yang akan dimuat dalam bingkisan yang akan diberikan, sebanyak 77% dari responden kami akan memberikan makanan, sementara 63% dari mereka menyatakan akan memberikan minuman. Selebihnya, ada juga 55% responden akan memberikan kartu ucapan dalam bingkisan tersebut, sementara 34% dari mereka akan memberikan pakaian dan 23% akan memberikan buah-buahan. Kemudian, mengenai perkiraan biaya yang akan mereka keluarkan untuk membeli bingkisan tersebut, sebanyak 40% dari responden mengaku akan menghabiskan sekitar Rp 250.000 hingga Rp 500.000, sementara 32% akan menghabiskan kurang dari Rp 250.000. Selain itu, ada pula 16% responden yang menyatakan akan menghabiskan sekitar Rp 500.000 hingga Rp 1.000.000 untuk membeli bingkisan Lebaran tahun ini.

Mengenai cara pemberian bingkisan yang akan dilakukan, sebagian besar dari responden (87%) menyatakan bahwa mereka memilih untuk mengantar sendiri bingkisan tersebut secara langsung. Di sisi lain, 20% dari responden memilih untuk menggunakan jasa layanan pengiriman paket untuk mengantarkan bingkisannya. Adapun jasa layanan yang dipilih adalah JNE (89%), Pos Indonesia (49%), dan TIKI (36%). Terakhir mengenai bingkisan Lebaran, ketika ditanya mengenai alasan mereka dalam memberikan bingkisan, sebagian besar jawaban responden adalah “sebagai bentuk rasa syukur” (59%), “menjalankan tradisi tahunan” (49%), “membagi rezeki dengan orang lain” (39%), “menyenangkan hati orang lain”  (36%), dan “menghormati orang lain” (35%).

56

Mengenai ucapan Lebaran, kami menemukan bahwa sebagian besar responden (80%) memiliki rencana untuk memberikan ucapan Lebaran tahun ini. Sebagian besar dari mereka (80%) menyatakan akan memberikan ucapan tersebut untuk keluarga. Selain itu, ditemukan juga beberapa responden yang berencana akan memberikan ucapan Lebaran tahun ini untuk teman (72%), pasangan (44%), rekan kerja (38%), dan semua orang (34%).

78

Mengenai media yang mereka gunakan untuk memberikan ucapan Lebaran tahun ini, kami menemukan sebanyak 66% dari responden yang memilih untuk memberikan ucapan secara langsung atau tidak melalui media apapun. Sementara itu, sebanyak 69% dari responden berencana memberikan ucapan melalui media sosial, seperti Facebook (87%), Instagram (51%), Twitter (33%), dan Path (27%). Ditemukan pula sebanyak 40% dari responden yang berencana memberikan ucapan melalui aplikasi instant-messaging, seperti Blackberry Messenger (84%), WhatsApp (81%), dan LINE Messenger (69%).

910

Terakhir mengenai ucapan Lebaran, kami mengumpulkan beberapa trivia. Sebagian besar dari responden (79%) menyatakan akan merangkai sendiri ucapan yang akan mereka kirimkan, sementara 58% dari responden berencana untuk menyertakan foto atau gambar dalam ucapan tersebut. Selain itu, ditemukan sebanyak 30% dari responden yang mengaku akan membuat puisi atau pantun sebagai ucapan Lebaran yang akan mereka kirim.

Untuk hasil survey yang lebih rinci, anda bisa mengunduh hasil survey kami dalam 2 format xls dan pdf di button bawah ini. Laporan hasil survey JAKPAT terdiri dari 3 bagian yaitu 1) Profil responden 2) Tabulasi silang (Crosstabulation) untuk masing-masing pertanyaan 3) data mentah. Profil responden menunjukkan profil demografis (jenis kelamin, usia, lokasi/domisili, pengeluaran per bulan). Dengan tabulasi silang (Cross tabulation) anda dapat menjelaskan perbedaan preferensi segmen demografis dalam terhadap masing-masing pertanyaan.

 Unduh PDF disini:

pdf-icon

Anda siap untuk survey?BUTTON CREATE

atau hubungi kami untuk mendapatkan Sales Quote atau informasi lebih lanjut +622745015293

GET A SALES

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>