Canva/Jakpat.net

5 Kelebihan Jasa Survei Online untuk Kebutuhan Bisnis

Pemanfaatan media digital membuat aktivitas bisnis menjadi mudah dan cepat. Mulai dari publikasi produk atau jasa, promosi, tracking pemesanan, interaksi dengan konsumen hingga transaksi pembayaran yang dilakukan secara online.

Selain mempertimbangkan strategi penjualan, kamu juga bisa menggunakan jasa survei online yang dapat membantu dalam pengembangan bisnis. Jasa survei online merupakan layanan yang menyediakan pengumpulan data dari para responden yang menjadi target untuk mendapatkan referensi dari topik tertentu yang ingin diketahui. Hasil survei yang dikumpulkan perusahaan atau pelaku bisnis dapat digunakan untuk menilai dan menentukan strategi apa saja yang akan dilakukan kedepannya.

Secara kegunaannya, jasa survei online memiliki manfaat seperti pengumpulan data yang lebih cepat, pemantauan secara real time, ramah lingkungan, efisiensi biaya, kemudahan akses responden, hingga kemudahan pengelolaan dan analisis data. Selain itu, ada banyak manfaat lain dari jasa survei online khususnya untuk pelaku bisnis.

1. Memahami KonsumenĀ 

Menggunakan jasa survei online memungkinkan kamu untuk mengerti kebutuhan, preferensi, dan harapan konsumen. Hal ini dapat memberikan wawasan untuk meningkatkan produk atau layanan seperti apa yang diinginkan. Selain itu, kamu dapat secara teratur mengukur kepuasan pelanggan untuk meningkatkan layanan dan membangun loyalitas.

2. Analisis Persaingan

Dari survei yang didapat, kamu bisa menilai dan memahami kekuatan dan kelemahan dari bisnis yang kamu kelola. Hal ini juga dapat membuatmu mengidentifikasi peluang apa saja yang bisa dilakukan untuk meningkatkan bisnis dan bersaing dengan kompetitor.

3. Mengukur Efektivitas Pemasaran

Jasa survei online bisa digunakan untuk mengukur seberapa jauh respon dan efektivitas dari pemasaran yang sudah dilakukan. Kamu dapat menilai dan mengevaluasi sejauh mana pesan yang dibuat tersampaikan kepada target konsumen dan mengidentifikasi area mana saja yang perlu ditingkatkan.

4. Mengidentifikasi TrenĀ 

Menggunakan analisis statistik yang didapatkan dari jasa survei online ini dapat membantu bisnismu mengidentifikasi tren yang mungkin terlewat atau tidak terlihat secara langsung. Informasi ini dapat digunakan untuk merancang strategi bisnis yang lebih efektif.

5. Pengelolaan Karyawan

Selain menganalisis aspek eksternal, kamu juga bisa menggunakan jasa survei online dalam ruang lingkup internal. Kamu dapat menggunakannya untuk mengetahui umpan balik dari karyawan mengenai kepuasan kerja, kebutuhan pelatihan, hingga perbaikan apa saja yang mungkin diperlukan di lingkungan kerja.

Itulah lima manfaat dari penggunaan jasa survei online. Selain itu, kamu bisa memulai dengan mencari berbagai referensi seputar survei online, salah satunya melalui Jakpat. Salah satu onlinemobile survei yang sudah berkolaborasi dengan banyak perusahaan ini, menyediakan laporan berbeda setiap bulannya mengenai riset pasar, seperti perkembangan e-commerce, fintech, tren beauty dan fashion, mobile entertainment, dan lainnya.

Kamu bisa mendapatkannya dengan mengunduh laporan yang sesuai dengan kebutuhanmu, dan menganalisis apa saja yang kamu perlukan dari insight tersebut untuk memulai menggunakan jasa survei online.

Secara keseluruhan, survei online merupakan alat yang efektif untuk mendapatkan pemahaman mendalam tentang pelanggan, produk, dan pasar, yang menjadi kunci untuk kesuksesan bisnis yang dapat kamu coba.

*Artikel ini hasil kerja sama antara Jakpat & Paper.id